Sebanyak 115 Lulusan PPG Uniflor Siap Jadi Guru Profesional

KBRN, Ende: Sebanyak 115 lulusan Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Universitas Flores resmi dikukuhkan dan disumpah dalam prosesi yang berlangsung di Auditorium H. Gadi Djou, Kampus Universitas Flores, Ende, pada Senin (5/8/2024). Dari 115 peserta yang dikukuhkan, 113 orang merupakan bagian dari PPG Dalam Jabatan angkatan ketiga, sementara 2 lainnya adalah peserta retaker dari angkatan kedua.

Kepala Program Studi PPG Universitas Flores, Dr. Veronika Genua, M.Hum, menjelaskan bahwa pengukuhan ini menandai keberhasilan mereka setelah melewati berbagai proses akademik dan ujian yang ketat. Program PPG telah melaksanakan perkuliahan untuk PPG Dalam Jabatan Kategori 1 Angkatan 2 dan 3 sepanjang tahun 2023. 

Program PPG Universitas Flores menawarkan empat bidang studi, yaitu Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Pendidikan Sejarah.

"Angkatan 2 diisi oleh peserta PPG bidang studi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Fisika berjumlah 60 orang, yang telah menjalani pengukuhan pada Februari 2024. Sementara itu, angkatan 3 menerima 120 peserta dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi untuk empat bidang studi," jelas Dr. Veronika.

Namun, dari jumlah tersebut, dua peserta tidak dapat mengikuti pengukuhan karena tidak dapat dihubungi, dan tiga peserta lainnya mengundurkan diri pada siklus pertama karena alasan kesehatan. Selama masa perkuliahan, para peserta PPG menjalani program selama 57 hari dengan pembelajaran daring penuh melalui LMS SIMPKB dari kementerian.

Mereka juga mengikuti Ujian Kinerja (UKIN) dan Ujian Pengetahuan (UP), yang dinilai oleh Tim Pusat. Dari 117 peserta yang mengikuti ujian, 115 dinyatakan lulus, sedangkan dua peserta yang tidak lulus akan mengikuti UP bersama angkatan yang baru.

Dr. Veronika berharap para lulusan ini dapat menjadi guru yang hebat dan profesional. "Kami berharap mereka dapat menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan perkembangan zaman yang semakin canggih," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Dra. Maria M. Bali Larasati, M.Hum, menambahkan bahwa sebelum pengukuhan, telah dilakukan pelantikan Ikatan Alumni PPG (IKA PPG) pada Minggu, 4 Agustus 2024, di Auditorium H. Gadi Djou. Pelantikan ini didahului dengan pemilihan pengurus dan koordinator wilayah di seluruh Indonesia, yang dilaksanakan secara daring pada 28 Juni 2024.

"Semua paket sertifikat pendidik asli dan hasil leges telah kami kirimkan kepada peserta yang tidak dapat mengikuti pengukuhan secara daring. Kami memastikan bahwa semua dokumen telah sampai di tujuan masing-masing," ujar Dra. Maria. 

Previous
Next Post »