TES SUBSTANTIF PROGRAM PPG PRAJABATAN GELOMBANG II SENIN 25 SEPTEMBER TAHUN 2023

 





Setelah digelar Ujian Substantif Gelombang I pada Juli 2023 lalu, calon mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan 2023 mengikuti Ujian Substantif Gelombang II pada Senin (25/9/2023). Berlokasi di Laboratorium Komputer Universitas Flores (Uniflor), pukul 08.00 WITA s.d. selesai, dari 62 peserta yang mendaftarkan diri sejumlah 53 peserta mengikuti ujian tersebut.



Ketua Program PPG Uniflor sekaligus Ketua Panitia Pelaksana Dr. Veronika Genua, S.Pd., M.Hum. mengatakan persiapan untuk ujian ini telah dilakukan dengan maksimal, baik administrasi, laboratorium komputer, perangkat komputer, serta jaringan. Terdapat beberapa rangkain tes yang harus dikerjakan peserta yaitu kemampuan dasar literasi, kemampuan dasar numerasi, dan pngguasaan konten sesuai bidang studi.

Usai mengikuti tes substantif, peserta harus mengikuti sesi wawancara. Dari sesi wawancara tersebut akan dijaring peserta yang lolos menjadi mahasiswa Program PPG yang mana mereka akan mengikuti perkuliahan di universitas penyelenggara Program PPG yang disebut Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) di seluruh Indonesia sesuai pilihan. 



PPG Prajabatan adalah program pendidikan profesi untuk mencetak generasi baru guru-guru Indonesia yang memiliki panggilan hati menjadi guru, profesional, komitmen menjadi teladan, cinta terhadap profesi, dan pembelajar sepanjang hayat. PPG Prajabatan diselenggarakan bagi lulusan sarjana atau sarjana terapan maupun Diploma IV baik dari jurusan pendidikan maupun non kependidikan bagi calon guru untuk mendapat sertifikat pendidik.


Saat ini Uniflor sebagai LPTK penyelenggara Program PPG yang dipercayakan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendibudristek RI) telah menjalankan perkuliahan Program PPG Dalam Jabatan Kategori 1 - Angkatan II yang akan berjalan selama 57 hari dengan 3 mata kuliah yaitu pendalaman materi, pengembangan perangkat pembelajaran, dan PPL.(2teh).

Senin 25 September 2023

(2teh)

Publikasi dan Humas Universitas Flores

Previous
Next Post »