RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN PELAKSANAAN PERKULIAHAN PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DALAM JABATAN ANGKATAN II TAHUN 2023



Suatu kehormatan tersendiri bagi Universitas Flores (Uniflor) mendapat kepercayaan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendibudristek RI) sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) penyelenggara Pendidikan Profesi Guru (PPG). Konsorsium PPG wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terdiri dari Uniflor, Universitas St. Paulus - Ruteng, dan Universitas Katolik Widya Mandira - Kupang.



Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Prodi PPG Uniflor Dr. Veronika Genua, S.Pd., M.Hum. dalam kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Perkuliahan Pendidikan Profesi Guru, Jum'at (15/9/2023) di Aula Hotel Flores Mandiri Ende. Melalui SK yang diterbitkan Maret 2023, Prodi PPG Uniflor membuka 4 bidang studi yaitu Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Pendidikan Fisika, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dan Prodi Pendidikan Sejarah. 




Saat ini, 2 prodi yang telah diplotkan oleh Kemendikbudristek RI melaksanakan perkuliahan adalah Prodi Pendidikan Matematika dan Prodi Pendidikan Fisika. Sejumlah 60 mahasiswa PPG Prajabatan Kategori 1 - Gelombang I akan mengikuti perkuliahan sebanyak 57 hari dengan 3 mata kuliah yaitu pendalaman materi, pengembangan perangkat pembelajaran, dan PPL. 


Kegiatan yang dimulai pukul 08.30 WITA s.d. selesai tersebut dihadiri oleh Direktur Pascasarjana Uniflor Dr. Mansyur Abdul Hamid, S.E., M.M., Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende Fransiska Tea, S.Sos., sejumlah dosen dan guru pamong.

Dalam sambutannya, Kabid Pembinaan Guru dan Tenaga Pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ende menyampaikan terima kasih kepada Uniflor yang telah menyelenggarakan Prodi PPG atas kepercayaan Kemendikbudristek RI. Ia mengatakan bahwa seiring perjalanan perkembangan teknologi, tenaga pendidik baik guru maupun dosen bisa memberikan pencerahan peserta didik dengan hal-hal baik sehingga aspek numerasi, literasi, dan karakter, dapat meningkat.



Direktur Pascasarjana dalam sambutan mengatakan bahwa kesempatan ini adalah kesempatan pertama memulai proses pembelajaran PPG dan agar terus dapat berbenah untuk peningkatan kualitas pendidikan khususnya di Kabupaten Ende dan Pulau Flores. Selama 57 hari perkuliahan merupakan tanggung jawab bagi dosen dan guru pamong yang dipilih untuk mengajar perkuliahan di Prodi PPG. 

Usai pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan rapat koordinasi terkait pelaksanaan perkuliahan bagi mahasiswa Prodi PPG.(2teh).

kamis 14 september 2023

(UPT PUBLIKASI DAN HUMAS UNIVERSITAS FLORES)

(2teh)

Previous
Next Post »