Uniflor Ende Siap Kukuhkan 115 Peserta PPG

 

ENDE,GlobalFlores.com-Sebanyak 115 orang mahasiswa yang dinyatakan lulus dalam Program Studi  Pendidikan Profesi guru (PPG) di Kampus Universitas Flores (Uniflor) Ende akan menjalani proses pengukuhan dan sumpah profesi pada, Senin 5 Agustus 2024 di Aula H.J Gadi Djou,Kampus Uniflor,Ende.

115 orang mahasiswa tersebut terdiri dari 113 PPG dalam jabatan angkatan ketiga dan 2 peserta retaker angkatan kedua.

Kaprodi PPG Universitas Flores, Dr. Veronika Genua, M.Hum,dalam keterangan persnya kepada wartawan di Kampus Uniflor Ende,Sabtu (3/7/2024) mengatakan bahwa Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) sudah melaksanakan kegiatan perkuliahan untuk PPG Dalam Jabatan Kategori 1 Angkatan 2 dan 3 tahun 2023.

Dikatakan PPG LPTK Universitas Flores memiliki 4 bidang studi yakni, Bidang studi Pendidkikan Matematika Pendidikan  Fisika dan  Pendidikan Bahasa Indonesia serta Pendidikan  Sejarah.

Angkatan 2 mendapatkan plotingan untuk peserta PPG Bidang studi Pendidkikan Matematika Pendidikan Fisika, berjumlah 60 orang yang telah melaksanakan kegiatan pengukuhan bulan Februari 2024.

Sedangkan untuk Angkatan 3 mendaptkan plotingan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Direktorat Guru dan ketenagakerjaan (GTK) untuk 4 bidang studi yakni Pendidikan Matematika dan Pendidikan Fisika serta Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Pendidikan  Sejarah berjumlah 120 orang.

2 Peserta disetel mengundurkan diri karena tidak bisa dihubungi melalui no kontak yang dikirimkan.

3 orang peserta mengundurkan diri pada siklus 1 karena sakit sehingga tidak bisa melanjutkan perkuliahan bersama-temannya lain.

Peserta PPG telah menjalankan kegiatan perkuliahan selama 57 hari melalui pembelajaran full daring melalui LMS SIMPKB dari kementrian.

Mahasiswa telah melalui prosen perkuliahan dan telah mengikuti UKIN dan UP. UKIN adalah ujian kinerja.

Para peserta PPG telah melawati proses tersebut dan diakhiri dnegan UP, ujian pengetahui yang dinilai oleh TIM pusat.

Dalam ujian UP 115 dinyatakan lulus, sedangkan 2 lainnya tidak lulus akan mengikuti UP bersama angkatan yang baru.

Dijelaskan untuk angkatan 3 pelaksanaan pengukuhan dan sumpah profesi  dilaksanakan pada Senin 5 Agustus 2024 sebanyak 115 orang, dengan perincian, 113 PPG Daljab angkatan 3 dan 2 peserta retaker angkatan 2 dengan SK Kelulusan yang ditetapkan oleh Rektor Universitas Flores berdasarkan surat pemberitahuan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi.

Dikatakan untuk LPTK Universitas Flores tahun 2024 belum mendapatkan plotingan peserta untuk PPG Tertentu karena baru ditetapkannya program baru yakni kuliah mandiri melalui program PMM.

Namun untuk UKPPG tetap akan dinilai oleh para dosen dan Guru pamong di setiap LPTK yang akan diusulkan oleh kementrian melalui tes dan penyegaran untuk para penguji.

Harapan kami, bagi mahasiswa  dapat menjadi seorang guru yang hebat dan profesional dan lebih kreatif dan mampu menggunakan model pembelajaran yang inovatif sesuai perkembangan zaman yang canggih saat ini.

“Mampu membelajarkan anak untuk kreatif dan mampu mandiri serta tetap rendah hati. Salah satu hal yang sangat penting yakni menguasai teknologi,”ujarnya.

Sementara itu Ketua Panitia, Dra. Maria M. Bali Larasati, M.Hum mengatakan bahwa sebelum pelaksanaan pengukuhan akan dilaksanakan kegiatan pelantikan IKA PPG pada  Minggu, 4 Agustus 2024 di auditorium H. J Gadi Djou Kampus 1.

Pelaksanaan pelantikaan telah didahului dengan pemilihan pengurus dan koordinator wilayah di seluruh Indoensia mulai dari Papua, Sulawesi, Bali, NTB, Kupang, Alor, daratan Flores dan Lembata melalui zoom metting pada  28 Juni 2024.

Daftar nama telah disepakati baik melaui zoom dan google form untuk pemilihan pengurus umum. Semua dilaksanakan untuk menjawab bagian dari akreditasi bahwa setiap program studi wajib membentuk alumni untuk pelaksanaan tridarma dan kegiatan eksra lainnya.

Dikatakan para mahasiswa sangat antusias untuk kedua angkatan 2 dan 3.

Selanjutnya kegiatan inti yakni pelaksanaan pengukuhan dan sumpah profesi yang akan dilaksanakan pada tgl 5 Agustus 2024 di auditorium H. J Gadi Djou Kampus 1.

Total peserta PPG dalam jabatan kategori 1 angkatan 3 berjumlah 115 orang. Peserta yang mengikuti pengukuhan luring sebanyak 92 orang dan daring berjumlah 23 orang.

Peserta PPG untuk angkatan 3 pada umumnya berasal dari NTT, hanya ada 2 orang peserta yang berasal dari luar daerah yakni 1 dari Bima NTB dan 1 dari Bali.

Peserta daring tidak mengikuti pengukuhan karena, urusan keluarga, sakit dan lain sebagainya.

“Mahasiswa yang daring telah kami kirimkan sertifikat pendidik asli dan hasil leges dan salempang pengukuhan, dan berdasarkan informasi yang diberikan digrup maupun maupun japri bahwa semua paket telah sampai di tujuan masing- masing,”katanya. (rom)

Previous
Next Post »