RAKOR UKMPPG DALJAB KATEGORI 1 ANGKATAN 3 TAHUN 2023

 

Uji Kompetensi Mahasiswa (UKM) Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan tahapan yang harus dilalui mahasiswa Program PPG untuk memperoleh Sertifikat Pendidik. Syarat untuk mengikuti UKM PPG adalah telah mengikuti kegiatan pendalaman materi, pengembangan perangkat pembelajaran, dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). UKM PPG digelar secara serentak untuk mengukur pemahaman peserta didik terhadap konsep/materi pembelajaran. UKM PPG  terdiri dari jenis ujian, yakni Uji Kinerja (Ukin) dan Uji Pengetahuan (UP).

Hal tersebut disampaikan oleh Kaprodi PPG (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan) LPTK Universitas Flores (Uniflor) Dr. Veronika Genua, S.Pd., M.Hum. dalam kegiatan Rapat Koordinasi UKM PPG Dalam Jabatan Kategori 1 Angkatan 3 Tahun 2023 Program Pascasarjana Uniflor. Kegiatan berlangsung di Aula Hotel Flores Mandiri Ende, Senin (22/1/2024), pukul 09.00 WITA s.d. selesai. Sebelumnya UKM PPG Kategori 1 Angkatan 2 Tahun 2023 berjalan lancar dan meluluskan 57 mahasiswa. UKM PPG Dalam Jabatan Kategori 1 Angkatan 3 akan diikuti oleh 115 mahasiswa.


Rakor dilaksanakan untuk menyamakan persepsi karena para pengajar PPG (dosen dan guru pamong) akan menilai kinerja mahasiswa peserta PPG sesuai ketentuan masing-masing. Demikian pula yang disampaikan oleh Direktur Pascasarjana Uniflor Dr. Mansyur Abdul Hamid, S.E., M.A. juga menyampaikan kepada tim pengajar agar dapat beradaptasi dengan kegiatan belajar-mengajar dan berbagai rakor yang terus dilaksanakan sebagaimana jadwal berkelanjutan yang ditetapkan oleh kementrian. 


PPG merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk menghasilkan guru-guru berkualitas. Program tersebut terbuka untuk lulusan S-1 Kependidikan maupun Non Kependidikan. PPG dibedakan menjadi dua berdasarkan status anggotanya, yakni Pra Jabatan dan Dalam Jabatan. PPG Pra Jabatan ditujukan untuk sarjana kependidikan maupun non kependidikan yang berminat belajar. Adapun PPG dalam jabatan ditujukan untuk guru yang telah tercatat di dapodik.(2teh).

Previous
Next Post »