PENGUKUHAN DAN SUMPAH PROFESI LULUSAN PPG LPTK UNIFLOR, REKTOR: KEBUTUHAN GURU PROFESIONAL TERUS MENINGKAT

 


Senin (5/8/2024) bertempat di Auditorium H. J. Gadi Djou berlangsung kegiatan Pengukuhan dan Sumpah Profesi Lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Universitas Flores (Uniflor) Dalam Jabatan Kategori 1 Angkatan 3 dan Retaker Tahun 2023.

Kegiatan dihadiri oleh Rektor Uniflor Dr. Willybrordus Lanamana, M.M.A., Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Dr. Dra. Imaculata Fatima, M.M.A., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Mansyur Abdul Hamid, S.E., M.A., Direktur Pascasarjana Uniflor Dr. Avianita Rachmawati, S.Sos., Kaprodi PPG LPTK Uniflor Dr. Veronika Genua, M.Hum., dekan dan kaprodi selingkup Uniflor, kepala biro dan lembaga selingkup Uniflor, pengurus PPG LPTK Uniflor, serta tamu/undangan.

Dilakukan secara hybrid (luring dan daring melalui Zoom) kegiatan diikuti oleh 115 peserta.


Hadir Dr. Natsir B. Koten, M.Pd. membawakan orasi ilmiah Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Bermutu. Dikatakan intelektual tidak membuat ilmuwan hebat tapi yang membuat ilmuwan hebat adalah karakter.Karena itu Pendidikan karakter dimulai dari diri sendiri. Karena Pendidikan adalah jasa dalam arti pelayanan. Pekerjaan para pendidik merupakan pekerjaan bernilai teaching of art. Oleh karena itu pekerjaan ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang tanpa memiliki keahlian husus sebagai guru dan gurunya guru.


Dalam sambutan Rektor Uniflor menyampaikan kebutuhan guru professional terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini diprediksi karena banyak guru professional yang sudah disertifikasi memasuki usia pensiun. 

Hasil studi pendataan oleh Kemendikbudristek RI ada 1,6 Juta guru yang belum tersertifikasi, baik guru ASN maupun guru honorer. Uniflor harus mempunyai peran di titik ini. Diharapkan PPG LTPK Uniflor dapat melakukan studi sehingga mempunyai road map pekerjaan tentang Pendidikan di Ende, Flores, maupun sewilayah NTT.(2teh).

Previous
Next Post »