ORIENTASI MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI GURU DALJAB KATEGORI I ANGKATAN 3 DI LPTK UNIFLOR TAHUN 2023

 


Pada Rabu (15/11/2023), bertempat di ruang kelas Magister Manajemen Uniflor, berlangsung kegiatan Orientasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Kategori I Angkatan 3. Uniflor merupakan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang ditunjuk oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) guna memenuhi kebutuhan pendidik yang berkompeten di Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid (luring dan daring melalui Zoom) dihadiri oleh Direktur Pascasarjana Uniflor Dr. Mansyur Abdul Hamid, S.E., M.M., dosen dan guru pamong, serta 120 peserta.

Dalam sambutannya Kaprodi PPG Uniflor Dr. Veronika Genua, S.Pd., M.Hum. mengatakan bahwa kegiatan orientasi merupakan suatu hal mutlak yang wajib diikuti agar mahasiswa dapat mengikuti mekanisme yang ada di perkuliahan nanti. PPG LPTK Uniflor siap melayani mahasiswa PPG dalam proses pembelajaran selama 57 hari. Saat perkuliahan nanti akan hadir dosen dan guru pamong terbaik yang telah memenuhi syarat untuk mendampingi mahasiswa. Dosen dan guru pamong akan berkolaborasi menghadapi berbagai permasalahan dan rintangan yang akan dihadapi. Dengan demikian mahasiswa PPG dipercaya mampu menjadi guru dan motivator bagi para siswa di sekolah masing-masing.


Mewakili Rektor Uniflor, Direktur Pascasarjana menyampaikan bahwa orientasi merupakan langkah awal dalam memberikan persamaan perspektif antara peserta PPG dengan dosen dan guru pamong. Dalam orientasi ada banyak hal yang bisa didapat dan diterima serta memberikan pencerahan berbagai pengetahuan. Diharapkan mahasiswa mengikuti semua proses rangkaian pembelajaran secara serius karena perkuliahan secara daring membutuhkan energi yang besar karena banyaknya tugas yang diberikan kepada mahasiswa berdasarkan standar yang ditetapkan oleh kementrian.

Ia menambahkan bahwa kendala yang sama dihadapi baik oleh pendidik maupun mahasiswa PPG di LPTK seluruh Indonesia. Adanya kesulitan penyesuaian teknologi, kurangnya daya dukung, hingga akses internet yang kurang lancar. Diharapkan terjalin kerja sama yang baik untuk mengatasi kendala-kendala tersebut. Di akhir sambutannya, mewakili Rektor Uniflor, Direktur Pascasarjana membuka kegiatan dengan resmi.

Kegiatan orientasi berlangsung pukul 08.00 s.d. 17.00 WITA, dan perkuliahan pertama akan dimulai Kamis (16/11/2023).

PUBLIKASI UNIVERSITAS FLORES

(2teh).

Previous
Next Post »